Pertama di Indonesia, Pegiat Radio Amatir di 100 Negara Terlibat di HUT Kabupaten Cirebon – Special Call 8A539KC

0 0
Read Time3 Minute, 46 Second

ORARI(2/4). Dalam rangka memperingati dan memeriahkan Hari Ulang Tahun Kabupaten Cirebon ke-539 tahun 2021 dan promosi potensi wisata di Kabupaten Cirebon, ORARI Daerah Jawa Barat – Lokal Kabupaten Cirebon akan mengaktifkan Spesial Event Station (SES) 8A539KC yang memancar untuk kegiatan Special Call.

Kegiatan akan diselenggarakan pada Band VHF dan Band HF tanggal 02-04 April 2021.

PERINGATAN hari jadi Kabupaten Cirebon kembali diselenggarakan tanpa kirab budaya. Puncak peringatan hari jadi ke-539 Kabupaten Cirebon, 2 April lalu, dilaksanakan apel peringatan yang hanya diikuti sejumlah pejabat Forkopimda dan Kepala Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) saja. Sementara itu, karena masih dalam suasana pandemi Covid-19, Aparatur Sipil Negara (ASN) lainnya mengikuti jalannya apel secara virtul dari kantor dinas masing-masing.

Bupati Cirebon, H Imron MAg mengatakan, peringatan hari jadi merupakan momentum masyarakat Kabupaten Cirebon untuk membuka kembali lembaran sejarah berdirinya Cirebon. Karena dari sejarah tersebut, akan ada benang merah untuk langkah yang harus dilakukan semua elemen dalam membangun Kabupaten Cirebon.

Menurut Imron, ada tiga keteladanan dari pendiri Cirebon yang harus terus diterapkan untuk kemajuan pembangunan Kabupaten Cirebon, yakni semangat, kebersamaan atau kerjasama dan keuletan.

“Bahwa kita harus punya semangat, ulet dan bersama-sama membangun. Di situasi Covid-19 ini kita harus bisa memutus mata rantai Covid-19. Perlu adanya perjuangan dan kebersamaan,” kata Imron, usai apel peringatan hari jadi ke-539 Kabupaten Cirebon, Jumat (2/4/2021).

Karena itu, ia berharap masyarakat juga bersama-sama dalam satu kesatuan membangun Kabupaten Cirebon, agar menjadi kabupaten yang berbudaya, sejahtera, agamis dan aman. Imron menyampaikan, keberhasilan pembangunan Kabupaten Cirebon datangnya bukan dari masyarakat di luar Kabupaten Cirebon, tapi dari masyarakat Kabupaten Cirebon sendiri.

Pada puncak peringatan hari jadi tersebut, Bupati juga menandatangani 17 prasaati pembangunan baik yang selesai dibangun maupun yang baru akan dibangun. Ia meminta masyarakat untuk bersama-sama memelihara pembangunan yang sudah dilakukan Pemkab Cirebon.

“Kita akan terus membangun agar harapan masyarakat di Kabupaten Cirebon bisa terwujud,” jelasnya.

Selain itu, Bupati Imron juga mengikuti kegiatan Spesial Call 8A539KC dengan Orari di Command Center Setda Kabupaten Cirebon. Dalam kegiatan tersebut, pegiat radio amatir dari 100 negara berinteraksi dengan Bupati Cirebon. Spesial Call 8A539KC ini, dilaksanakan selama tiga hari, mulai dari 2 April sampai 4 April 2021. Kegiatan tersebut diinisiasi oleh Organisasi Radio Amatir Kabupaten Cirebon dengan Panitia Hari Jadi Kabupaten Cirebon. Para anggota radio amatir di Indonesia dan internasional pun, mengucapkan selamat hari jadi ke-539 Kabupaten Cirebon.

Ucapan selamat hari jadi tersebut, terus mengalir usai Bupati membuka kegiatan tersebut, di Command Center Kabupaten Cirebon. Dengan menggunakan callsign (nama panggilan) YG1ASR, Imron langsung mendapatkan beragam ucapan selamat dari sejumlah daerah di Indonesia dan internasional.

Menurut Imron, kegiatan Spesial Call ini sangat membantu untuk mengenalkan Kabupaten Cirebon, serta membuat banyak pihak mengetahui hari jadi Kabupaten Cirebon. Ia berharap, kegiatan spesial call ini bisa meningkatkan kualitas dan kemampuan para pegiat radio amatir, baik dalam penyampaian informasi ataupun dalam bidang teknik komunikasi.

“Saya juga mengucapkan terima kasih kepada semua pihak yang berperan aktif dalam menyukseskan kegiatan ini,” ujar Imron.

Sementara itu, Ketua Oragnisasi Radio Amatir Indonesia (ORARI) Kabupaten Cirebon, Imam Supriadi mengatakan, kegiatan spesial call hari jadi yang melibatkan 100 negara itu merupakan yang pertama kali di Indonesia. Spesial call8A539KC ini, dialokasikan khusus oleh Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo), untuk melayani panggilan dan partisipasi, dalam rangka mengucapkan selamat hari jadi Kabupaten Cirebon ke 539.

“Kegiatan ini merupakan yang pertama kalinya di Jawa Barat dan Indonesia,” kata Imam.

Ia mengungkapkan, Bupati Imron juga merupakan pegiat resmi radio amatir. Bahkan, Imron juga telah mengikuti ujian nasional amatir radio, yang langsung bisa berkomunikasi melalui mode SSB dan digital mode.

Menurut Imam, banyak sekali manfaat yang dihasilkan dari kegiatan sepesial call ini. Selain membuat banyak pegiat radio amatir yang mengetahui hari jadi Kabupaten Cirebon, kegiatan ini juga sekaligus bisa mengenalkan budaya, pariwisata, kuliner, kesenian dan kegiatan lain yang ada di Kabupaten Cirebon.

“Banyak sisi positif yang dihasilkan dari kegiatan spesial call ini,” jelas Imam.

BACA JUGA: Insentif Nakes Tahap Ketiga di Kabupaten Cirebon Terjeda

Ia menambahkan, setiap pegiat radio amatir yang sudah mengucapkan selamat hari jadi Kabupaten Cirebon dalam kegiatan yang menjadi bagian agenda kegiatan hari jadi tersebut, akan mendapatkan sertifikat yang ditandatangi oleh Bupati. Bahkan, untuk yang pertama mengucapkan selamat, akan mendapatkan sertifikat khusus yang ditandantangi secara langsung oleh Bupati dan dikirimkan secara langsung ke alamat anggota tersebut.

“Anggota radio amatir lainnya bisa mendapatkan sertifikat tersebut dengan mengunduh melalui kegiatan Spesial Call 8A539KC,” pungkasnya. (Islah)

Sumber:

Happy
Happy
0 %
Sad
Sad
0 %
Excited
Excited
0 %
Sleepy
Sleepy
0 %
Angry
Angry
0 %
Surprise
Surprise
0 %

Average Rating

5 Star
0%
4 Star
0%
3 Star
0%
2 Star
0%
1 Star
0%

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Close